Jasa atestasi atas Laporan Kegiatan Penerapan Prinsip Kehati-hatian (KPPK) dalam Utang Luar Negeri Korporasi Nonbank
23 May 2016   07:16 WIB

Setiap perusahaan dalam negeri yang mempunyai utang luar negeri dalam valuta asing harus menyampaikan Laporan Kegiatan Penerapan Prinsip Kehati-hatian (KPPK) kepada Bank Indonesia, sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia (SEBI) No. 17/3/Dsta tanggal 6 Maret 2015. Laporan tersebut harus mulai disampaikan sejak data triwulan I tahun 2015.

Aturan tersebut pada dasarnya dikeluarkan untuk mendorong kehati-hatian  korporasi  dalam  mengelola  risiko  nilai  tukar (currency missmacth),  risiko likuiditas (liquidity missmacth) dan risiko utang yang berlebihan (over leverage) terhadap utang luar negeri.

Sesuai dengan SEBI tersebut Laporan KPPK dibuat setiap triwulan, dan wajib disampaikan paling lambat akhir bulan ketiga setelah akhir triwulan laporan. Contoh: untuk laporan KPPK triwulan I tahun 2015 disampaikan paling lambat tanggal 30 Juni 2015.

Untuk laporan KPPK Triwulan IV, selain laporan KPPK unaudited perusahaan juga harus menyampaikan laporan KPPK yang sudah melalui prosedur atestasi oleh akuntan publik independen kepada Bank Indonesia. Laporan KPPK yang telah melalui prosedur atestasi tersebut wajib disampaikan kepada Bank Indoensia paling lambat akhir bulan Juni setelah akhir tahun laporan. Contoh:  untuk laporan  KPPK triwulan IV tahun 2015 yang telah  melalui  Prosedur  Atestasi wajib disampaikan paling lambat tanggal 30 Juni 2016.  

Laporan KPPK yang telah melalui prosedur atestasi meliputi:

  1. Keterangan dan/atau informasi yang merupakan hasil penilaian oleh akuntan publik independen berdasarkan prosedur atestasi, dan
  2. Laporan KPPK yang telah dikoreksi berdasarkan prosedur atestasi.

Prosedur atestasi sebagaimana dimaksud dalam ketentuan tersebut dilakukan dengan berpedoman pada Agreed-Upon Procedures (AUP) sebagaimana dimaksud dalam lampiran SEBI No. 17/3/Dsta tanggal 6 Maret 2015.

Kami menyediakan jasa atestasi (AUP) atas laporan KPPK tersebut. Untuk kebutuhan jasa tersebut, Anda dapat menghubungi ke nomor kontak kami.